Pages

Wednesday 26 October 2011

String

Tipe Data String adalah sekumpulan data yang berisi sederetan karakter. Tipe data String tidak berbeda dengan tipe data Array. Tipe data ini merupakan array karakter
Dalam Pascal, tipe data string merupakan suatu array khusus, dengan tipe dasar karakter. Dikatakan khusus karena
  1. Unsur data pertama dengan index ke-0 digunakan oleh pascal sebagai penanda panjang untai yang bersangkutan.
  2. Dapat dikenai operasi khusus, yaitu penggabungan dua peubah untai atau lebih dengan menggunakan pengoperasian penggabungan atau tanda penambah (+)
  3. Ukuran terpanjang suatu tipe data untai adalah 255 karakter, kenyataannya memiliki ukuran terpanjang 256 karakter, dimana karakter ke-0 sebagai penanda panjangnya. tetapi ukuran untainya (tidak dapat melebihi 255)
Bentuk Umum deklarasi tipe data untai adalah:
type pengenal: String <[panjang]>;
Dimana pengenal merupakan nama tipe data string tersebut, dan panjang merupakan bilangan bulat antara 1 hingga 255 untuk menunjukkan ukuran terpanjang untai tersebut. Bila parameter panjang tidak ditulis. maka ukuran terpanjang string tersebut dianggap 255 karakter.
Karakter-karakter pada tipe string masih dapat direkayasa seperti halnya tipe data array biasa, yaitu dengan menuliskan indexnya.

Selain itu peubah bertipe string dapat juga langsing dideklarasikan pada bagian var:
var pengenal: string <[panjang]>;
Dimana pengenal merupakan nama tipe data setring tersebut, dan panjang merupakan bilangan bulat antara 1 hingga 255 untuk menunjukkan ukuran terpanjang string tersebut. Bila parameter panjang tidak ditulis maka ukuran terpanjang string tersebut dianggap 255 karakter.
Untuk mengetahui panjang suatu peubah string dapat digunakan fungsi Length atau dengan melihat urutan karakter pada ke-o yang dimilikinya. Berikut contoh rekayasa tipe data string tersebut:

program String1;
type
    Str80= string[80];
var
    Nama: Str80;
    I: Integer;
Begin
   Readln (Nama);
   for I := Length (Nama) downto 1 do
Write (Nama[I]);
end.

No comments:

Post a Comment